TRIK IDE JUDUL SKRIPSI

Artikel ini saya buat karena beberapa adik tingkat pada heboh tentang proses pembuatan skripsi. Mulai dari pakai penelitian kuantitatif atau kualitatif, ide judul, pencarian buku rujukan, ada yang sampai keluar kota untuk mencari ide judul skripsi dan buku rujukan, dan masalah lain-lainnya.

Kalau untuk mahasiswa kampus yang dulunya pernah belajar di situ juga, ada beberapa cara mudah. Menurutku mudah, karena udah pernah aku jalanin, dan lakuin. Alhamdulillah, dapat nilai B. Lihat dulu dong siapa dosennya, udah sujud syukur dari beliau dapat nilai B, ada yang dapat nilai A dari beliau? Ada, tapi silakan lihat bagaimana proses untuk mendapatkannya.

Oke, untuk sementara ini yang paling jelas mayoritas adik tingkat bingung bikin judul, dan buku rujukannya. Takut jika judul yang diambil nanti buku rujukannya sulit dicari. Nah, jika sudah bisa berpikir gitu (berpikir kalau nanti takut bukunya gak ada). Berarti seharusnya sebagai mahasiswa juga bisa berpikir manfaatkan buku yang ada di perpustakaan kampus kamu donk. Di perpustakaan kampus itu banyak buku yang bisa dimanfaatin.
Pertama, sebelum bikin judul, masuklah ke perpustakaan yang dapat kamu jangkau. Contohnya perpustakaan kampus, dan perpustakaan daerah. Apa yang kamu lakukan di sana? Yang perlu kamu lakukan di sana adalah:
  • Cari skripsi kakak tingkat sebanyak 6 buah. 3 skripsi dengan metode kuantitatif, 3 skripsi dengan metode kualitatif, jika boleh Penelitian Tindakan Kelas (PTK), cari juga itu. Hehehehe. Untuk apa itu? Sebelum buat judulnya, tentukan dahulu, mau buat penelitian yang gimana? Kuantitatif ataukah kualitatif. Tentukan dari awal. Sekali itu, tetaplah itu, jangan karena sulit terus pindah metode. Kalau skripsi Cuma sebagai batu loncatan mencari nilai, monggo pindah-pindah metode. Tapi sebenarnya, dari situlah Allah SWT menilai seberapa gigih perjuangan hambanya memperoleh tujuan akhir. analoginya, jangan-jangan karena wanita/pria yang kamu taksir sulit untuk ditaklukkan, terus kamu pindah lain hati, ingat rek, sesuatu hal yang berkualitas itu didapatkan dengan perjuangan yang berkualitas juga. Wekawekaweka
  • Jika sudah menentukan kuantitatif ataukah kualitatif, anggap saja kamu memilih kualitatif. Maka langkah selanjutnya adalah ambil 3 buah buku yang khusus membahas tentang penelitian kualitatif, jadi setiap buku itu hanya membahas penelitian kualitatif. Selain itu, ambil 1 buku yang membahas kedua penelitian tersebut. (fungsinya adalah, keseluruhan buku tersebut untuk memandu langkah-langkah penelitian, sebagai pengisi di bab 3, dan yang paling puuuuuuuuenting untuk mengisi daftar pustaka nantinya, hehehe).
  • Selanjutnya setelah hal tadi sukses, langkah selanjutnya amati buku-buku yang paling banyak tersedia di perpustakaan kampusmu. Lihat, mayoritas buku disana membahas tentang apa? Motivasikah? Keaktifankah? Efektifitaskah? Metodekah? Modelkah? Atau banyak yang membahas media pembelajaran? Nah, dari situlah kamu ambil kesimpulan, buku yang paling banyak membahas tentang sesuatu itu harus kamu ambil sebagai unsur dalam judulmu. Kenapa kok gitu? Ini supaya kamu gak perlu jauh-jauh keluar kota untuk cari buku referensi, di perpusmu lho banyak. Misalkan di perpusmu banyak membahas tentang motivasi dan metode pembelajaran. Jadikan itu kosakata yang ada di judulmu. Berguna untuk bab 2.

Kedua, cari digilib di google. Apa itu digilib? Digilib itu adalah digital library, Hahaha. Jadi perpustakaan digital, banyak kampus diluar sana yang udah punya digilib, tapi sepertinya kampusku dahulu belum punya. Jadi, dalam digilib sebuah universitas itu ada berbagai macam artikel yang kamu perlukan, mulai dari jurnal, hingga skripsi dari mahasiswanya juga diupload di digilib tersebut. Eh, tapi ini rahasia lho ya, jangan bilang siapa-siapa. Sssssstttttt……
Jadi, gak perlu jauh-jauh keluar kota untuk mencari ide judul skripsi, apalagi mencari referensi buku rujukan. Kuno rek kalau masih kayak gitu. Ya walaupun efek sampingnya bisa jalan-jalan keluar kota. Hahaha. Terus gimana carinya? Ketikkan keyword berikut di search engine google tanpa tanda kutip, “inurl:digilib universitas” penampakannya dibawah ini (kalau gambarnya kurang gedhe, klik aja gambarnya. Banyak ide judul di situ.


Sudah dapat ide? Misalkan kamu dapat kosakata MOTIVASI, METODE PEMBELAJARAN, DAN PENELITIAN KUALITATIF. Jadi, metode penelitianmu pakai kualitatif, judul skripsimu jangan jauh-jauh dari kosakata motivasi dan metode pembelajaran. Lha ide judulnya? Khan udah ada dari digilib tadi. Di sana khan banyak judul tuh, gabung-gabung kosakata aja. Jadi, dengan langkah-langkah tadi, sekali kerja dapat dua keuntungan, keuntungan pertama dapat ide judul, keuntungan kedua dapat buku rujukan yang mudah ditemukan. Selamat mengerjakan skripsi adik-adikku. Semoga tips yang acak-acakan ini bermanfaat.

Misalkan judul pertama tidak diterima, ajukan judul yang kedua, intinya adalah tetep berkutat dengan kosakata yang udah kamu temukan.
Share on:

2 komentar:

  1. Balasan
    1. wahaka. @fernandhi, sepertinya ini cara tidak berlaku di kampus ente. Hahaha. Kapan ki dolan nyang malang? Tak tunggu.

      Hapus

Berikan tanggapan anda melalui kotak komentar di bawah ini